Percobaan dalam film dimulai di Amerika Serikat dan Eropa pada akhir abad 19. Penemu Amerika Thomas Alva Edison mematenkan mesin film pertama, Kinetoscope, pada tahun 1891. Empat tahun kemudian, Prancis penemu Louis dan Auguste Lumiere menunjukkan-proyektor kamera yang disebut cinématographe. Delapan menit The Great Train Robbery Amerika pembuat film Edwin S. Porter (1903) meluncurkan film sebagai hiburan massal.
Pembuat film Amerika segera menjadi unggul. Studio besar yang terletak di New York, dengan DW Direktur paling berpengaruh Griffith media itu. Dalam puluhan film, ia mengembangkan tata bahasa tembakan dan efek pencahayaan untuk membangkitkan emosi penonton. Yang sangat sukses Kelahiran Bangsa (1915) memelopori ide film sebagai seni.
Antara 1910 dan 1920, pembuatan film Amerika bergeser ke Hollywood. Memimpin sutradara seperti Cecil B. DeMille (The Ten Commandments, 1923), Ernst Lubitsch (The Marriage Circle, 1924), dan John Ford (The Iron Horse, 1924) menawarkan berbagai genre --- epos, komedi romantis, dan western. Mack Sennett merintis slapstick film dengan Polisi Keystone dan memperkenalkan bahasa Inggris komik Charlie Chaplin. Menggambarkan sedih "gelandangan" di The Kid (1921), The Gold Rush (1925), dan lain-lain, Chaplin menjadi salah satu pertama bintang film internasional.
Beberapa negara lain menetapkan diri sebagai pusat pembuatan film. Jerman adalah tempat kelahiran gerakan ekspresionis, diwujudkan dalam Robert Weine The Kabinet Dr Karnaval (1919). Di Rusia, Sergei Eisenstein Potemkin (1925) epitomiozed gagasan montase. Perancis menjadi sumber film yang kaya, dengan direktur humanistik seperti Rene Clair dan Abel Gance.
1927 film AS The Jazz Singer memperkenalkan suara untuk film, merevolusi industri di seluruh dunia. Genre membutuhkan lucu atau berorientasi aksi dialog, seperti film-film gangster dan komedi sinting, memperoleh keutamaan, seperti yang dilakukan musikal boros. Studio Amerika, termasuk Metro Goldwyn-Mayer-, Paramount, dan Warner Bros, diasah "sistem studio" yang menghasilkan aliran film dan bintang untuk pemirsa era Depresi mencari pelarian. Bintang Amerika periode termasuk James Cagney, Bette Davis, Clark Gable, Cary Grant, dan Katharine Hepburn. Sistem ini mencapai puncaknya pada tahun 1939, dengan puluhan film sekarang-klasik, termasuk epik Perang Saudara Gone With the Wind (1939).
Prestasi artistik yang tinggi ditandai bioskop Eropa selama tahun sebelum Perang Dunia II. Film dicatat termasuk Jean Renior yang antiperang klasik Grand Illusion dan Leni Riefenstahl Nazi lagu pujian Triumph of Will (1935).
Perang Dunia II dan sesudahnya juga membawa realisme tinggi untuk pembuatan film internasional. Italia Roberto Rossellini direksi dan Vittorio DeSica diantar dalam neorealisme dengan masing-masing, Open City (1949) dan The Bicycle Thief (1945). Melawan kecenderungan menuju realisme yang seperti bergaya, pembuat film istimewa seperti Italia Federico Fellini (La Dolce Vita, 1960) dan Swedia psikologis menguasai Ingmar Bergman (The Seventh Seal, 1956).
Pada 1950-an dan 1960-an, sekelompok direksi Perancis (banyak dari mereka kritikus film), memprakarsai nouvelle vogue (gelombang baru). Gerakan ini unik, film asli termasuk Francois Truffaut The Empat Ratus Blows (1959) dan Jean-Luc Godard Breathless (1960). Jerman bioskop diciptakan kembali dirinya setelah Perang Dunia II dengan kritik sosial bervariasi direksi Werner Herzog, Wim Wenders, dan Rainer Werner Fassbinder (The Marriage of Maria Braun, 1979).
Nonwestern bioskop mendapatkan sebuah berikut internasional setelah Perang Dunia II melalui karya-karya Akira Kurosawa direksi Jepang (Rashomon, 1950) dan Yasujiro Ozu (Tokyo Story, 1953) dan India pembuat film Satyajit Ray (Pather Panchali, 1955). Bioskop nasional yang telah menjadi terkenal sejak the1970s termasuk orang-orang Australia dan Selandia Baru, mantan menawarkan pembuat film seperti Peter Weir dan yang terakhir, Jane Campion.
Perubahan selera, penurunan kehadiran Film, dan pengambilalihan perusahaan secara efektif menghancurkan sistem studio Amerika pada akhir 1960-an. Di belakangnya datang meningkat eksperimentasi dan kemerdekaan melalui pembuat film Stanley Kubrick seperti, Robert Altman, Francis Ford Coppola dan Martin Scorsese. Dalam beberapa tahun terakhir, studio independen telah tumbuh dalam perawakannya, menjadi terkenal karena mendukung berkualitas tinggi pembuatan film aslinya.
Film-film Amerika sejak 1970-an telah dibedakan oleh blockbuster beranggaran besar. Terutama khusus efek-sarat tarif untuk audiens target yang semakin muda, blockbuster telah didominasi oleh dua direktur: George Lucas dan Steven Spielberg.
(Sumber: NY Public Library Desk Reference, p 205)
0 komentar
Posting Komentar