Popular Posts

irfblogBacklink






Rating for erosisland.blogspot.com

My Ping in TotalPing.com

Senin, 21 Maret 2011

50 Tahun The Rolling Stones

Oleh Irwan Firdaus



The Rolling Stones adalah sebuah band rock Inggris yang mulai terkenal sejak tahun 1960-an masih eksis hingga sekarang. Apabila dianalogikan, The Rolling Stones adalah sebuah batu yang hingga kini masih menggelinding, entah sampai kapan.

Dibentuk di London, Januari 1963. Tetapi sesungguhnya cikal bakal Stones sudah ada sejak tahun 1962 dengan formasi awal yang terdiri dari Mick Jagger (Vokal, Harmonika), Keith Richards (Lead Gitar), Brian Jones (Rhytm Gitar, Harmonika), Mick Avory (Drums) dan Dick Taylor (Bass). Kelak sang drummer Mick Avory akhirnya bergabung dengan The Kinks dbp Ray Davies, dan Dick Taylor mendirikan bandnya sendiri yaitu The Pretty Things.

Band dengan formasi kuintet ini didirikan oleh Brian Jones (kelahiran Cheltenham, Inggris, 28 Februari 1942). Ia meninggalkan Cheltenham dan pergi ke London untuk membuat grup musik. Sebelum mendirikan The Rolling Stones, Brian sempat bergabung dengan band Cheltone Six (Sebagai pemain klarinet) dan The Ramrods. Ketika di London, Brian bertemu dengan Mick Jagger dan Keith Richards, yang dimana akhirnya mereka bertiga membentuk sebuah grup musik yang bernama Little Blue & The Blue Boys.

Diawal penampilannya formasi Rolling Stones adalah Mick Jagger (vokal), Keith Richards (gitar), Brian Jones (multi instrumentalis), Bill Wyman (bass), Charlie Watts (drum) dan terakhir Ian Stewards (keyboard) yang setelah dipertimbangkan sudah tidak sesuai lagi dengan idola remaja (pada masa itu) ada sumber lain yang menyatakan kelompok band dengan anggota 6 orang, personilnya akan lebih sulit dikenal satu persatu oleh penggemar dibanding band dengan anggota 4 atau 5 orang, akhirnya keluar dengan hormat dari formasi kelompok musik tersebut dan kemudian menjadi tour manager sekaligus pemain keyboard kelompok ini pada tahun 1963 hingga wafat tahun 1985.

Jones dianggap memimpin band selama Jagger dan Richards menciptakan lagu yang kelak menjadi lagu-lagu hit kelompok ini. Hingga tahun 1969 peranan Jones makin jauh berkurang bahkan dia tidak bisa ikut tur ke Amerika Serikat karena alasan hukum, dia mengundurkan diri dengan hormat dari band tersebut. Beberapa minggu kemudian Jones ditemukan tewas tenggelam di kolam renang.

Gitaris Mick Taylor mengganti posisinya bergabung dengan Rolling Stones dan mungundurkan diri tahun 1974, kemudian posisinya digantikan oleh Ronnie Wood.Bill Wyman mengundurkan diri tahun 1992 posisinya diganti Darryl Jones tapi tidak masuk dalam formasi band sepenuhnya.

Sumber lain yang mengatakan bahwa:

The Rolling Stones adalah band rock Inggris yang dibentuk di London pada April 1962 oleh Brian Jones ( gitar, harmonika), Ian Stewart (piano), Mick Jagger (vokal), Keith Richards (gitar), Bill Wyman (Bass) dan Charlie Watts (drum) yang merupakan lineup awal. Pada awalnya banyak memainkan American R & B dan lagu blues milik orang lain, namun mereka juga menyisipkan rock and roll dalam reportoar mereka. Di bawah naungan Chess Records, The Rolling Stones memainkan "blues primitif" seperti Willie Dixon dan Muddy Waters, dimana nama yang terakhir mempunyai album yang bertitel 'Rollin' Stone' yang kelak akan dipakai buat nama band mereka.
Jones awalnya memimpin band, tapi beralih ke Jagger dan Richards setelah mereka berkerja sama sebagai penulis lagu. Pada 1969 Jones mulai kehilangan minat bermain gitar, dan lebih memperdalam rekaman, marimbas, sitar dan instrumen lainnya, hingga pergi ke Marocco untuk mempelajari musik tradisional yg bernama Joujouka.

Semua itu mengakibatkan kontribusi untuk band berkurang dan sudah jarang bersama lagi. Apalagi ia secara hukum dilarang memasuki Amerika Serikat yang disebabkan masalah drugs serta kesehatannya yang menurun, maka dengan persetujuan bersama, Jones keluar dari band, yang kemudian digantikan oleh Mick Taylor.

Setelah beberapa minggu meninggalkan band, Jones ditemukan tewas tenggelam dikolam renangnya. Taylor berhenti pada tahun 1974 dan digantikan oleh Ronnie Wood. Kemudian Wyman pensiun dari band pada tahun 1990, dan penggantinya Darryl Jones yang menjadi bassist utama, tapi bukan merupakan anggota penuh. Stewart yang dikeluarkan dari band pada tahun 1963 menjadi road manager band dan pemain kibor sampai kematiannya pada tahun 1985. Namun sejak 1982 Chuck Leavell telah menjadi keyboardist utama band.

Setelah memperoleh popularitas di Eropa, The Rolling Stones meraih sukses di Amerika Utara dengan apa yang disebut "British Invasion" pada pertengahan tahun 1960-an. Mereka telah merilis 22 album studio di Inggris dan 24 di Amerika Serikat, 8 album konser, (9 di AS) dan beberapa album kompilasi. Penjualan di seluruh dunia mereka diperkirakan lebih dari 200 juta album . Dimulai dari Sticky Fingers (1971 sampai 8 album studio berturut-turut yang mencapai nomor satu di Amerika Serikat. Album terbaru mereka yang seluruhnya materi baru, A Bigger Bang, dirilis pada tahun 2005.

Pada tahun 1989 the Rolling Stones telah dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame, dan pada tahun 2004 mereka menduduki peringkat 4 dalam 100 majalah Rolling Stone Artis Terbesar Sepanjang Masa. Pada tahun 2008, oleh majalah Billboard The Rolling Stones diberi peringkat nomor 10 pada "The Billboard Hot 100 All-Time Top Artists", dan sebagai kelompok kedua yang paling sukses di Billboard Hot 100. The Rolling Stones juga masuk dalam The Guiness Book Of Records dengan julukan "The Greatest Rock N Roll Band In The World".

The Rolling Stones mungkin merupakan satu satunya group di dunia yang bertahan selama hampir 50 Th (1962-sekarang). Dimana kalau dijabarin sejarahnya dibagi mejadi 7 fase :

0 komentar

irfblog. Diberdayakan oleh Blogger.