Popular Posts

irfblogBacklink






Rating for erosisland.blogspot.com

My Ping in TotalPing.com

Sabtu, 28 November 2009

Ada Misteri Lukisan Di Hotel Tugu Kota Malang

oleh Irwan Firdaus

Waktu saya berkunjung ke Hotel Tugu Malang, saya iseng jalan-jalan disekitar gedung hotel, terus ada satu ruangan yang bikin saya tertarik untuk masuk, semacam galeri barang-barang antik.. Setelah masuk di ruangan tersebut terasa ada unsur magis didalamnya.

Masih saya pandangi banyak foto dan guci tersusun rapi di lemari-lemari kayu jati kuno. Walaupun terasa ada yang aneh, saya berusaha untuk tetap tenang. Ketika saya berbalik arah untuk keluar dari ruangan tersebut, ups…!!! Di situ terpampang foto berbingkai wanita berambut panjang. Duh, kaget banget, tapi sebenarnya agak merinding juga sih., karena dibawah foto tersebut bertuliskan nama Oei Hui Lan

Siapa sebenarnya wanita yang ada dalam foto itu?

Ternyata selama ini kita telah melupakan sejarah, bahwa di Jaman sebelum lahirnya Kartini. Ada putri Indonesia yang sangat begitu berpengaruh terhadap dunia. Dialah Oei Hui Lan atau dikenal dengan sebutan Madame Wellington Koo’. Hui Lan adalah putri kelahiran Semarang pada tahun 1889 ini adalah putri kedua dari keturunan perantau bernama Oei Tiong Ham. Oei Tiong Ham sendiri adalah orang terkaya di Asia Tenggara di tahun itu. Dia menjadi tonggak sejarah perubahaan bangsa Cina di Bumi Nusantara sebagai orang cina pertama yang berani melepas kuncir di rambut. Sejak saat itu banyak penduduk cina di nusantara berambut cepak dan bergaya Eropa.

Pengaruh Hui Lan sendiri saat era perang dunia pertama sangat dominan. Ia menikah dengan Wellington Koo salah satu duta besar China yang pada saat itu sedang babak belur di hajar Jepang. Hui Lan adalah Putri Indonesia pertama yang mampu secara fasih melafadzkan bahasa Belanda, English, dan Francis. Ia menjadi orang yang berada disamping kemerdekaan China saat melepas Shantung dari penjajahan Jepang.
Sebelum Hindia Belanda berubah menjadi Indonesia, dia menjadi satu-satunya orang Indonesia yang bergaul luas dengan orang-orang dari kerajaan Istana Eropa mulai dari Ratu Victoria hingga Ratu Belgia. Fotonya menjadi satu-satunya wanita Indonesia yang tercatat dalam museum Kerajaan Inggris. Hui Lan sendiri menjadi orang yang bertindak besar dalam sejarah dunia ketika ia bersama sang suami membawa Cina merdeka dan menjadi negara Republik.

Ia begitu terpandang di Eropa. Gaya hidupnya juga sangat elegan, mengingat ayahnya adalah orang kaya, ia bahkan dapat memiliki istana di beberapa negara termasuk rumah milik sang penemu telepon asal Amerika Graham Bell dan Istana milik Dr. Sun Yat Sen , Presiden Republik Cina pertama. Ia menjadi inspirasi bagi semua wanita Asia tentang sebuah kemajuan dalam berpikir bahwa Wanita Asia adalah orang yang dapat disejajarkan dengan Wanita Eropa. Walaupun ia menikah dengan seorang pria China daratan tapi ia tetap mencintai tanah air kelahirannya. Bahkan sampai sekarang warisan keluarga dia masih bisa di lihat di Semarang. Ia tetap berwarga negara Indonesia.
Hui Lan meninggal di usia 93 tahun, ia mengeluarkan buku berjudul “ No Feast Last Forever”.

Kisah hidupnya yang bak telenovela dan banyak hal yang dia ceritakan dari negeri ini berdiri hingga negeri ini bernama Indonesia. Hidupnya juga tidak seindah yang ia bayangkan, walaupun ia kaya dan dapat memiliki segalanya. Ia tidak dapat menggunakan uangnya untuk Cinta dan Kebahagiaan.
Ia ditinggal suaminya yang berpoligami, bersaudarakan 48 orang dari ayah yang memiliki 8 istri dan tragisnya kekayaan sang ayah akhirnya berujung pada perebutan kekuasaan dan intrik dalam keluarga. Dan pada akhirnya hartanya di sita negara pada masa pemerintahaan Alm. Presiden Soekarno.
Oei Hui Lan


















Baca Juga : Cap Go Meh

1 komentar

nathalia cornelis 1 Maret 2013 pukul 15.01

baru tau klo ada sejarah lain dari wanita sebelum kartini btw fotonya koq seram banget ya, merinding
(oh ya follow balik blog saya ya, thx)

irfblog. Diberdayakan oleh Blogger.