Popular Posts

irfblogBacklink






Rating for erosisland.blogspot.com

My Ping in TotalPing.com

Jumat, 01 Oktober 2010

Ada Fulus Mulus, Tak Ada Fulus Mampus!!!

oleh Irwan Firdaus

Fulus istilahnya atau yang kita kenal dengan UANG adalah alat tukar resmi , uang juga menjadi tolak ukur kekuatan ekonomi suatu negara. Dari kita dikandung, lahir, menuju dewasa, tua, dan terakhir mati pun kita masih membutuhkan UANG. Uang sangat diburu, sampai - sampai manusia rela menjual diri karena kurang uang. Uang identik dengan, kemewahan, kebebasan financial, keserakahan/tamak, dengan uang kita bisa berbuat apa saja....kecuali satu uang tidak bisa memperpanjang umur kita betul nggak?
Sebetulnya uang bukan segalanya tetapi uang bisa memberikan kita segala-galanya.... Uang akan lebih bermanfaat kalau dipegang oleh tangan orang yang bijaksana, tetapi uang akan tidak bermanfaat apabila di tangan orang yang ceroboh dan boros!!!!! Berikut yang bisa di tampilkan. Semoga bisa menjadi bahan permenungan. (Catatan : semua tampilan foto-foto hanya sebagai ilustrasi saja...)

1. Transportasi

- Ada fulus mulus :

Hawa sejuk akan menyambut ketika memasuki kabin pesawat udara. Fakta itu berlaku baik bagi penerbangan domestik maupun internasional Demikian pula pada saat penerbangan malam, kerap kali penat selama sehari penuh atau beberapa hari di perjalanan, akan tak terlalu terasa jika suhu udara di kabin terasa nyaman.

- Tak ada fulus mampus :

Ups...pengap sekali. Semua orang, baik laki-laki, perempuan, anak-anak berjubel jadi satu. Yang laki-laki, sebagian besar bertelanjang dada, kegerahan. Sementara yang lainnya, sebisa mungkin tak beranjak, mempertahankan lahan yang memang terbatas. Ada yang selonjoran di lantai. Di toilet. Sebagian lagi menjulurkan kepala mereka ke luar ruangan lewat jendela.

2. Rumah Sakit

- Ada fulus mulus :

Suster yang bertugas mempersiapkan seprai, mengganti air minun, mempersiapkan tissue, membuka jendela kamar untuk ventilasi udara pada waktu musim panas setengah jam sebelum pasien datang, AC dibuka untuk menjaga suhu di dalam kamar sampai 20-26 derajat celcius. Setelah pasien sampai di wards, suster yang bertugas mengantar pasien ke kamar dan memberikan segelas air hangat kepada pasien dan keluarganya, pasien diperiksa tekanan darah? Suhu badan dan berat badannya, lalu hasil pemeriksaan tersebut diberitahukan kepada Direktur Departemen dan Dokter yang bertugas. Suster yang bertugas memberi pengarahan kepada pasien yang akan keluar rumah sakit, mengurus prosedurial dan surat keterangan, menghitung barang-barang, membukukan kerusakan, mengisi surat survey C dan Kepala Juru Rawat dan Suster mengantar pasien ke pintu.

- Tak ada fulus mampus :

Seorang pasien dari keluarga miskin yang menderita penyakit jantung komplikasi, korban ditolak berobat ke sebuah rumah sakit, padahal dokter Puskemas merujuk agar menjalani rawat inap di rumah sakit karena merupakan warga miskin/tidak mampu, dengan menggunakan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan tetapi tetap ditolak dengan alasan si pasien tidak masuk dalam daftar askeskin maupun jamkesmas dan si pasien miskin itu pun akhirnya meninggal.

3. Makanan

- Ada fulus mulus :

Salah satu kenikmatan di dunia ini adalah makan, karena dengan makan energi tubuh kita dapat kembali kuat untuk bisa beraktifitas setiap hari. Apabila kita mau makan, biasanya lebih baik cari tempat makan yang nyaman, tidak bising, udaranya segar, dan tentu saja tempatnya bersih. Tempat makan alternatif selain di rumah adalah Warung Nasi, Café atau bagi anda yang mempunyai rezeki lebih, bisa makan di Restoran. Makan bersama keluarga atau bisa juga ditemani oleh orang yang kita sayangi, pasti kenikmatan makan akan terasa sekali.

- Tak ada fulus mampus :

Tiap hari kurang-lebih 24.000 orang meninggal karena lapar atau hal-hal yang berkenaan dengan kelaparan. Angka ini telah menurun kalau dibandingkan dengan sepuluh tahun yang lalu yang berkisar sekitar 35.000 dan 45.000 untuk duapuluh tahun yang lalu. Tiga perempat dari angka-angka kematian ini adalah anak-anak berumur dibawah lima tahun. Banyak pakar dalam bidang kelaparan percaya bahwa pada akhirnya jalan terbaik untuk mengurangi kelaparan adalah lewat pendidikan. Orang-orang yang berpendidikan adalah bibit yang terbaik dalam meningkatkan diri dari kemiskinan yang menjadi penyebab kelaparan.

4. Peradilan

- Ada fulus mulus :

PERISTIWA suap kepada petugas dan hakim di Mahkamah Agung yang terjadi akhir-akhir ini merupakan sebuah fenomena tersendiri. Suka tidak suka menjadikan posisi lembaga pengadilan semakin terpuruk di mata masyarakat. Benar tidaknya peristiwa itu, kenyataannya isu suap itu benar-benar nyata. Apabila selama ini suap hanya sekadar isu atau sebagai obrolan warung kopi, kini harus bisa diterima semua pihak bahwa isu itu bukanlah isapan jempol.

- Tak ada fulus mampus :

Nenek Minah hanya dapat meremas kedua belah tangannya untuk menepis kegalauan agar tetap tegar saat menyampaikan pembelaan atau pleidoi di hadapan majelis hakim di Pengadilan Negeri Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tanpa didampingi pengacara, ia menceritakan bahwa alasannya memetik tiga buah kakao di kebun PT Rumpun Sari Antan 4, pertengahan Agustus lalu, adalah untuk dijadikan bibit. Tapi usahanya sia-sia. Hukum yang mestinya mengayomi masyarakat dengan menegakkan keadilan, bagi nenek Minah, ternyata tak punya nurani. Hukum kita rupanya tak memberi ampun bagi orang kecil seperti Minah. Tetapi, koruptor pencuri miliaran, trilyunan rupiah uang rakyat dapat melenggang bebas dari sanksi hukum.

5. Rumah

- Ada fulus mulus :

Rumah, selalu menjadi idaman setiap keluarga. Keluarga selalu berusaha menjadikan rumah sebagai tempat yang paling nyaman dan aman untuk ditinggali. Nyaman dalam arti rumah dalam keadaan bersih, terawat, indah dipandang, berpenampilan menarik, memiliki perabotan yang pas sesuai kebutuhan, mampu memanjakan penghuninya. Dan arti nyaman untuk rumah bagi mereka bukan hanya sekedar uraian diatas, rumah juga sebagai identitas, tingkat keberhasilannya dalam kehidupan ini.

- Tak ada fulus mampus :

Ukuran nyaman sebenarnya bukan dilihat dari materi, tetapi hati. Ada orang yang puas dengan tinggal di gubuk yang berlantaikan tanah dan berdindingkan bambu, buktinya mereka dapat tidur nyenyak, bisa bercanda ria dengan seisi rumah di dalam keluarganya. Jika ditanya contoh, bisa dipertanyakan kepada orang – orang yang tinggal di pedesaan. Dengan rumah yang menurut orang kota adalah sekedarnya, akan tetapi berbeda pendapat jika ditanyakan kepda yang empunya, dia sudah bisa merasakan nyaman. Begitu pula sebaliknya, ada yang tinggal digubuk dalam keadaan yang sama, tetapi tidak merasakan kenyamanan, karena hatinya tidak bisa menerima.

Pesan Moral :

"Bersyukurlah atas semua Rizky yang di berikan Allah SWT pada kita, Jangan Mengeluh, Pergunakanlah uang dengan bijaksana, dan Jangan lupa bersedekah kepada sesama, Tengoklah ke sekeliling, bukankah Allah SWT menghendaki kita untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan? Karena seberapa pun banyak dan berharganya kekayaan yang kita kumpulkan di dunia, tak dapat Anda bayangkan nilainya di akhirat kelak. Bisa jadi itu semua sama sekali tidak berharga."

0 komentar

irfblog. Diberdayakan oleh Blogger.