Popular Posts

irfblogBacklink






Rating for erosisland.blogspot.com

My Ping in TotalPing.com

Selasa, 08 Januari 2013

Renungan Anak Tentang Dunia

 oleh Irwan Firdaus

"Dunia dari tahun ke tahun berganti
Seibarat lalu lintas Surga dan Neraka.
Sabda Nabi: Antum a'lamu bi umuri dunyakum.
Kalian -lah yang lebih mengerti urusan duniawi.
Islam tak turut campur"

..wa man arodahuma fa'alaihi bil-'ilmi, 

Di Indonesia ini banyak yang khatam Qur'an tapi jarang yang khatam tafsir Qur'an dan dari keduanya, masih banyak pula yang perilakunya belum Qur'ani.

Jika sudah banyak yang khatam tafsir Qur'an, tentunya mereka lebih mengerti dan memahami isi yang tiap waktu di tilawahkannya dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, bercorak ke sehari-harian secara Qur'ani.

Sejak dari tahun 1982 (sampai saat ini) kami tinggal di Betawi pinggiran - kawasan Condet, Jakarta Timur. Setiap anak perempuan yang telah khatam Qur'an dan telah memasuki masa akhil balig; saat itu di arak keliling kampung layaknya pengantin sunat.

Seiring waktu ritual khataman pun semakin jarang di temukan. Mungkin karena sudah semakin berkembangnya masyarakat dan kehidupan bermasyarakatnya. Karena lambat-laun mereka pun sudah semakin berbaur dengan masyarakat pendatang yang mendiami kawasan Condet. Tidak seperti pada masa awal-awal kami tinggal, layaknya seperti 'minyak tanah dengan air' di atas kolam.

"Dan kalau Kami menghendaki, sesungguhnya Kami tinggikan (derjat) nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia mengulurkan lidahnya (juga). Demikian itulah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Maka ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir." (QS. AL A'RAAF:176).

0 komentar

irfblog. Diberdayakan oleh Blogger.